Sekilas PLTU Paiton Probolinggo, Pembangkit Terbesar di Asia Tenggara

0
157

Sekilas PLTU Paiton.

Sudah hampir sekitar 26 tahun Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Paiton di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, beroperasi. PLTU berkapasitas 4.600 megawatt atau MW penyuplai listrik Pulau Jawa dan Bali itu disebut-sebut sebagai terbesar se Asia Tenggara.

PLTU Paiton berada di kawasan pesisir Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Lokasinya berbatasan dengan garis wilayah Kabupaten Situbondo di sisi timur. Tiga perusahaan mengelola pembangkit itu, yakni PT Pembangkitan Jawa Bali atau PJB, PT Paiton Energy, dan PT Java Power, yang berbagi pengelolaan sembilan unit pembangkit.

PLTU Paiton

Lokasi

Tak sulit menemukan lokasi sumber listrik tersebut. Jika Anda bepergian Surabaya-Banyuwangi melalui pantai utara jalur darat, dipastikan melewati PLTU Paiton. Bila malam hari, kerumunan sinar lampu di unit-unit pembangkit di sepanjang bibir pantai jadi pemandangan indah tersendiri.

Namun, hanya dalam kunjungan tertentu, harus dapat izin untuk bisa melihat-lihat fasilitas PLTU Paiton. Maklum, itu adalah objek vital nasional. Di sana, beberapa komponen unit pembangkit berada di lokasi berbeda dengan dipagari kawat berduri.

Paiton

Di bibir pantai, beberapa gedung dan fasilitas pembangkit begitu jelas terlihat dari atas bukit. Di sisi timur, gundukan besar batu bara berada di lahan persegi sangat luas.

Sumber Energi

Batu bara itu digunakan untuk memutar turbin yang berfungsi menyalurkan energi listrik. Menara saluran udara tegangan ekstra tinggi atau sutet dan saluran udara tegangan tinggi atau SUTT di sana-sini berdiri tegak.

Paiton objek vital nasional

PLTU Paiton mengaliri listrik untuk Pulau Jawa dan sebagian Bali. Sekira 300 MW disuplai ke Pulau Dewata, 2.000-3.000 MW ke Jawa Tengah dan Jawa Barat, bahkan Jakarta. Sisanya memasok kebutuhan listrik di Jawa Timur.

“Objek vital nasional yang berperan melistriki 28 persen Jawa dan Bali,”

Source : viva.co.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here