Kukar.id – Salah Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) meninggal dunia, pada Selasa (14/4/2020) sore sekitar pukul 17.00 Wita. Hal tersebut dipastikan oleh Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kukar, dr Martina Yulianti, Selasa malam.

Ia menerangkan, saat menjalani pemeriksaan di RSUD Aji Muhammad Parikesit. Jenazah memiliki keluhan batuk dan demam. Serta memiliki riwayat perjalanan dari Jawa Timur (Jatim). “Jadi sore tadi (Selasa,Red) ada penguburan jenazah dengan protokol COVID-19,” ungkap Martina.

Jenazah tersebut berjenis kelamin perempuan dan berusia 45 tahun. Pasien ini melakukan pemeriksaan pada tanggal 8 April lalu melalui poli khusus RSUD Aji Muhammad Parikesit dan langsung diisolasi. Kondisi kesehatan jenazah semakin memburuk setelah menjalani perawatan selama dua hari.

Rumah sakit pun langsung mengambil langkah cepat dengan mengambil tes swab tenggorokan dan dikirim ke Dinkes Provinsi. “Sudah kita kirim, tapi memang belum ada hasil,” lanjut Martina.

Sebagai antisipasi, Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 memutuskan melakukan pemakaman jenazah dengan protokol COVID-19. Tentunya dengan persetujuan keluarga jenazah. “Dikhawatirkan hasil swab tenggorokan yang bersangkutan nanti hasilnya positif,” tutup Martina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here