Arisan bukan hanya sekadar iuran atau kumpul-kumpul, tetapi banyak manfaat yang bisa dirasakan dari kegiatan tersebut

Arisan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia tentu merupakan kegiatan yang sudah tidak asing lagi ya. Arisan mungkin identik dengan uang, tetapi nyatanya sudah banyak barang-barang lain yang bisa digunakan untuk arisan. Contohnya, seperti arisan berlian, sembako, emas, logam mulia, dan barang-barang lainnya yang sebenarnya itu bukan dari bagian hal penting dalam sebuah arisan, Karena lebih penting dalam sebuah Arisan adalah memupuk kebersamaan dan keeratan hubungan kekeluargaan.

Biasanya arisan dilakukan untuk sosialisasi. Banyak orang yang melakukan arisan bersama teman kerja maupun tetangga di sekitar tempat tinggal. Namun, ada pula beberapa orang yang cukup akrab dengan arisan keluarga. Kemudian, timbul pertanyaan mengenai pentingnya arisan keluarga.  Hal ini dikarenakan ikatan darah dalam keluarga justru memang lebih kental. Berikut manfaat arisan keluarga yang bisa didapatkan.

Mempererat Tali Silaturahmi dan Arisan Menjadi Ajang Perkumpulan Keluarga

Salah satu manfaat terpenting dalam arisan keluarga adalah memastikan bahwa ada satu momen seluruh anggota keluarga berkumpul dan bercengkerama meskipun mereka tinggal di tempat yang sangat berjauhan satu sama lain. Arisan keluarga tentu akan sangat berguna untuk mempererat tali silaturahmi antara anggota keluarga besar yang bisa tersebar di berbagai tempat dan jarang bertemu karena kesibukan. Uang sebenarnya bukan hal utama yang menjadi poin utama dalam menjalankan arisan keluarga karena justru momen kebersamaan dan momen perjumpaan yang sangat berharga dan membuat arisan keluarga penting dilakukan.

Menjalin Komunikasi jarak jauh antar anggota keluarga

Saat anak-anak sudah menjadi dewasa, antar saudara-saudara dan sepupu berjauhan berbeda kota dan juga kadang ada anggota keluarga harus meninggalkan orang tuanya untuk merantau. Komunikasi bisa tetap dilakukan dengan melakukan komunikasi jarak jaruh. Penerapan komunikasi ini umum terjadi di lingkungan keluarga. Pada dasarnya, kemudahan teknologi sudah membuat proses ini menjadi bukan hal yang sulit lagi, maka pada momen momen arisan bisa saling berkomunikasi melaui media digital komunikasi walau jarak memisahkan.

Memiliki Simpanan

Secara tidak langsung dengan mengikuti arisan, Anda memiliki tabungan. Namun, perbedaannya hanya pada waktu kapan Anda mendapatkan uang tersebut. Namanya arisan, sudah pasti ada proses pengocokkan nama. Nah, nama yang keluar tersebut yang akan mendapatkan uang tersebut. Dengan adanya arisan, ada sara untuk berbagi dengan sodara yang memang sedang membutuhkan bantuan dana.

Berlibur

Jika arisan keluarga yang Anda lakukan memang sangat besar dan seluruh sanak keluarga dari berbagai daerah yang terpisah pisah mengikuti arisan ini, tentunya ajang ini bisa dimanfaatkan sekalian untuk berlibur. Misalnya, bulan ini Anda akan mengadakan arisan di rumah saudara yang berada di Yogyakarta. Jika Anda ikut hadir ke sana, selain arisan keluarga, Anda bisa menikmati keidahan Yogyakarta kan?

Mengatur Keuangan

Arisan juga sangat bermanfaat karena arisan akan membantu Anda untuk belajar menyisihkan uang. Dengan mengikuti arisan, secara terpaksa Anda akan menyisihkan sejumlah uang dalam periode yang sudah ditentukan.

::ifa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here