Kutai Kartanegara Ibu Kota Baru Republik Indonesia Memiliki Kekayaan Alam Yang Melimpah

0
4

Kukar.id Ibu kota baru Republik Indonesia, berada di Kalimantan Timur yang sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara. Ibu kota kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berada di Tenggarong.

Kukar Salah satu peradaban tertua Nusantara, Keraaan yang pernah ada dalam sejarah Nusantara yaitu di Kalimantan Timur. Mulawarman Nala Dewa merupakan Maharaja Kerajaan Kutai Martadipura. Mulawarman merupakan cucu dari pendiri Kerajaan Kutai Martadipura bernama Kudungga.

Kutai Kartanegara
Kutai Kartanegara

Kutai Kartanegara

Dan Pada awal abad ke-13 berdirilah sebuah kerajaan baru di Tepian Baru atau Kutai Lama bernama Kutai Kertanegara dengan raja pertama, Aji Batara Agung Dewa Sakti.

Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki luas wilayah 27.263,10 km2 dan luas perairan kurang lebih 4.097 km2 yang secara geografis terletak antara 115o26’28” BT – 117o36’43” BT dan 1o28’21” LU – 1o08’06” LS dengan batas administratif sebagai berikut:
– Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Malinau
– Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Kutai Timur dan Selat Makassar
– Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Pasir dan Kota Balikpapan
– Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat

Secara administratif, Kabupaten Kutai Kartanegara terbagi dalam 18 wilayah kecamatan dan 237 desa/kelurahan. Dengan pertumbuhan penduduk 3,92% per tahun, penduduk Kabupaten Kutai Kartanegara mencapai 645.817 jiwa (2014) dengan kepadatan penduduk rata-rata 24 jiwa/km2.

Topografi.

Topografi wilayah sebagian besar bergelombang sampai berbukit dengan kelerengan landai sampai curam. Daerah dengan kemiringan datar sampai landai terdapat di beberapa bagian yaitu wilayah pantai dan DAS Mahakam. Pada wilayah pedalaman dan perbatasan pada umumnya merupakan kawasan pegunungan dengan ketinggian 500-2000 m dpl.

Kukar sendiri dilalui sungai sangat panjang Mahakam yang memiliki panjang 920 kilometer.

Jenis Tanah

Jenis-jenis tanah yang terdapat di daerah ini menurut Soil Taxonomi USDA termasuk kedalam golongan Ultisol, Entisol, Histosol, Inceptisol dan Mollisol, sedangkan menurut Lembaga Penelitian Tanah Bogor terdiri dari jenis tanah Podsolik, Alluvbial, Andosol dan Renzina.

Kutai Kartanegara dikenal sebagai wilayah yang sangat kaya batu bara, minyak dan gas (migas) serta mineral. Tak heran kekayaan alam ini menjadikan Kukar salah satu kabupaten terkaya di Indonesia.

Sumber Daya Alam

Kabupaten di Kalimantan Timur yang kaya sumber daya alam, di antaranya, mineral, batubara, minyak dan gas bumi (migas). Belum lagi keindahan alamnya yang dapat dioptimalkan menjadi objek wisata.

Data Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Kukar menunjukkan, potensi migas daerah ini tersebar di Kecamatan Marangkayu, Muara Badak, Anggana, Sanga-Sanga, Muara Jawa dan Samboja. Sementara, batubara tersebar hampir diseluruh kecamatan pada Formasi Kampung Baru, Balikpapan, Pulau Balang, sedikit pada Formasi Pamaluan, Formasi Haloq dan Formasi Batu Ayau. Sedangkan sumber daya alam berupa emas berada di Pedulangan Emas, di Sungai Len Kecamatan Tabang. Selain itu, Kabupaten Kutai Kartanegara juga memiliki kekayaan alam berupa pasir kuarsa yang berada di Kecamatan Marangkayu, Muara Badak, Samboja dan Muara Jawa. Serta pasir sungai yang berada di sepanjang Sungai Mahakam.

Berdasarkan data Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Angka 2017, daerah yang dimekarkan melalui Undang-Undang Nomor 47 tahun 1999 ini memiliki luas 27,263.1 km2 dengan populasi penduduk 735.016 jiwa dan jumlah Rumah Tangga 3.060.

Keanekaragaman flora dan fauna juga dimiliki Kutai Kartanegara. Disebutkan terdapat 113 jenis burung, seperti burung Punai, Kirik-Kirik Biru, Kacep, Murai Batu, Sepah dan banyak lagi. Jenis fauna lainnya seperti Owa-owa, Beruk, Lutung Merah, Monyet Ekor Panjang, Babi Hutan dan Bajing Terbang. Sama dengan Penajam Paser Utara, wilayah ini juga memiliki penangkaran rusa sambar.

Selain itu, flora Kutai Kartanegara tercatat di antaranya pohon Bangkiray (maskot Bukit Bangkiray), koleksi Anggrek Hitam, Anggrek Tebu, Anggrek Mata, Anggrek Bintang, Berpijar. Terdapat juga kebun buah-buahan hutan, yaitu buah manggis, buah mentega, buah lai, buah rambai palembang, ramania, dan kalangkala dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semoga Bermanfaat

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here