Masa pertumbuhan dari bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang perkembangan anak, termasuk juga perkembangan kecerdasan otaknya.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, mulai dari faktor keturunan, lingkungan dan pastinya asupan makanan yang ia peroleh.

Jika Bunda ingin si kecil tumbuh menjadi anak yang cerdas, penting untuk memperhatikan asupan makanan untuk mendukung tumbuh kembang otak dan kecerdasan anak. 

Makanan yang membantu otak anak menjadi makin pintar

Otak adalah organ pertama yang menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya. Jadi, agar otak anak semakin berkembang, daya ingatnya kuat, dan anak mudah berkonsentrasi, Berikut makanan-makanan terbaik yang bisa merangsang perkembangan dan kecerdasan otak anak.

1. Kacang merah dan kacang hijau yang kaya akan vitamin E

Banyak pilihan kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi anak dan diolah dengan lezat. Mulai dari kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang almond, dan masih banyak lagi. Kacang adalah makanan yang kaya akan vitamin E dan juga antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel otak anak terhadap radikal bebas.

Itulah alasan mengapa kacang sangat baik dikonsumsi karena memiliki nutrisi otak anak jadi semakin cerdas. Selain baik untuk otak anak, kacang juga merupakan sumber energi yang baik karena kandungan vitamin E dan thiamin di dalamnya. Kandungan inilah yang dapat mengubah glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan dari salah satu penelitian, diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

2. Ikan laut seperti salmon, tuna, dan ikan kembung mengandung asam lemak esensial yang diperlukan otak

Ikan laut dikenal sebagai makanan sehat yang baik dikonsumsi anak-anak. Ikan mengandung asam lemak esensial yang diperlukan otak. Namun, asam lemak esensial ini tidak diproduksi oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan laut, tubuh akan mendapatkan lemak esensial ini. Jenis asam lemak yang sangat dibutuhkan sebagai nutrisi otak anak adalah asam lemak omega-3 dan omega-6.

Ada beberapa jenis ikan laut yang menonjol dan memiliki nutrisi yang diperlukan otak. Para ahli menyarankan untuk memilih ikan yang mengandung asam lemak seperti salmon dan ikan kembung. Ikan ini merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak.

Faktanya anak yang gemar menyantap ikan mengandung omega 3 akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan memiliki hasil yang baik dalam tes kemampuan mental.

3. Telur mengandung kolin untuk daya ingat anak

Telur adalah sumber protein yang membuat anak berenergi serta tidak mudah lelah. Selain itu telur juga sebagai nutrisi otak anak karena mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak dan daya ingat anak. Kandungan proteinnya yang tinggi, serta nutrisi yang dapat membantu anak untuk lebih dapat berkonsentrasi.

Namun konsumsi telur juga tidak boleh terlalu berlebihan, usahakan cukup berikan satu butir telur kepada si kecil setiap harinya. Karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik bagi kesehatan si kecil jika dikonsumsi secara berlebihan.

4. Sayuran hijau, merah, kuning, dan orange adalah sumber vitamin K

Sayuran yang memiliki warna adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Seperti wortel, sayur-sayuran hijau, labu dan tomat. Sayuran hijau seperti brokoli juga merupakan sumber vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak anak dan memberikan nutrisi agar anak menjadi lebih erdas.

Seperti sayuran brokoli, penelitian menunjukkan brokoli mengandung glukosinolat, yang dapat memperlambat pemecahan neurotransmitter dan asetilkolin. Neurotransmiter dan asetilkolin diperlukan oleh sistem saraf pusat untuk berfungsi dengan baik dan untuk menjaga otak dan ingatan tetap tajam.

Jika ingin memberikan sayur-sayuran kepada si kecil, sebaiknya pilih sayuran yang segar dan memiliki warna cerah. Dan olah sayur menjadi makanan yang menarik dan juga lezat agar anak tidak anti makan sayur. Membiasakan si kecil mengkonsumsi sayur sejak kecil sudah tentu baik untuk kesehatan.

5. Oatmeal, cocok disajikan dengan buah segar

Selain mudah diolah sebagai menu sarapan, oatmeal juga sangat bergizi karena memiliki kandungan fiber, karbohidrat, vitamin E, vitamin B, zinc, potassium, dan zat besi. Kandungannya membantu otak anak untuk bekerja secara optimal. Oatmeal bisa disajikan bersama dengan susu, kacang–kacangan, hingga kismis serta buah–buahan segar. Sudah tentu jadi makin lezat dan penuh gizi. Oatmeal juga merupakan salah satu makanan nutrisi untuk otak anak yang sangat tepat.

6. Buah beri, kaya akan antioksidan dan vitamin C

(Foto: Shutterstock)
Buah beri, kaya akan antioksidan dan vitamin C. (Foto: Shutterstock)

Buah beri terdiri dari stroberi, blueberry dan blackberry. Kelompok buah beri ini kaya akan zat antioksidan seperti vitamin C. Sejumlah studi menunjukan bahwa buah beri dapat memperbaiki daya ingat.

Tidak hanya daging buah-buahan beri saja yang bermanfaat, biji buah beri ternyata juga mengandung asam lemak omega 3 yang berperan dalam perkembangan kecerdasan anak. Selain itu, antioksidan dan vitamin C yang terkandung di dalamnya, juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah masuknya penyakit yang berbahaya.

Makanan yang bisa memberikan nutrisi untuk otak anak tidak selalu makanan berat. Coba deh kamu olah buah-buahan beri ini sebagai dessert lezat dan sudah pasti menarik perhatian si kecil.

7. Susu dan olahannya yang kaya akan vitamin dan kalsium

Kaya akan vitamin dan kalsium, susu diperlukan untuk perkembangan otak anak. Susu dan olahannya kaya akan protein, vitamin B dan D yang berperan dalam pembentukan jaringan sel otak anak. Selain susu, ibu bisa juga berikan si kecil keju atau pun yoghurt.Berikan susu setiap hari sesuai kebutuhan si kecil. Untuk anak di bawah dua tahun yang terbaik adalah ASI.

Pilih susu yang cocok untuk anak dengan kadar pemanis yang rendah. Selain bikin batuk, pemanis juga berpotensi memicu masalah di perut seperti diare lho, Bu.

Nah, untuk mengetahui apakah susu tersebut cocok, coba diminum secara rutin selama beberapa hari. Lihat reaksi anak. Apakah ada keluhan pada perut, buang air tidak teratur, atau timbul gejala batuk. Jika si kecil baik–baik saja, berarti ia cocok dengan produk susu tersebut.

8. Daging mengandung zat besi yang meningkatkan konsentrasi anak

(Foto: Shutterstock)
Daging mengandung zat besi. (Foto: Shutterstock)

Daging merupakan sumber zat besi yang baik dan dibutuhkan anak-anak. dengan mencukupi zat besi, anak akan tetap berenergi dan memiliki tingkat konsentrasi yang baik. Daging merupakan protein bergizi yang mengandung zinc. Tapi ingat, sebaiknya jangan memilih daging olahan, seperti smoked beef karena tentu nutrisinya sangat berbeda. Pilih daging segar tanpa lemak dan olah sendiri sesuai selera keluargamu.

9. Beras merah, mencukupi kebutuhan vitamin B

Beras merah mengandung asam lemak alfa linoleat yang akan digunakan tubuh untuk mendukung perkembangan otak dan mata anak. Vitamin B kompleks pada beras merah juga membantu pertumbuhan fisik anak agar tumbuh tinggi dan sehat sesuai dengan usianya. 

10. Cokelat yang kaya antioksidan

Anak pasti tidak akan menolak cokelat, apalagi jika disajikan dalam bentuk minuman segar, puding, atau camilan lainnya. Cokelat memang mengandung flavonoid yang membantu menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan daya ingat dan kemampuan menangkap informasi. Sesekali berikan cokelat hitam yang tidak terlalu banyak mengandung gula sebagai camilan anak. Bahkan kamu boleh memberikan cokelat yang dilengkapi dengan potongan buah atau kacang almond. 

Yuk, Mari pilih makanan sehat yang bisa memberikan nutrisi pada otak anak agar mereka tumbuh berkembang dengan lebih cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here