Ibu Kota Pindah, Tren Merantau Kaum Boro Wonogiri Bisa Berubah ke Kaltim

0
84

Perpindahan Ibukota Berdampak

Rencana perpindahan ibu kota negera ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur diprediksi juga akan mengubah tren merantau warga Wonogiri.

Dikutip : Priyi Hadi Wahyono, salah satu pentolan paguyuban perantau Pawonmas mengatakan, pindahnya ibu kota bisa mengubah tren para perantau asal Wonogiri. Namun, perubahan itu diprediksi berlaku bagi kalangan perantau di bidang pekerja bangunan dan penjual makanan.

”Sebagian akan berubah trennya, seperti buruh bangunan, tukang bangunan, penjual makanan, nasi, bakso, mi ayam,”

Namun, untuk kalangan profesional diprediksi masih akan “wait and see.” Mereka akan melihat dahulu peluang dan potensi di ibu kota yang baru. Sementara untuk buruh pabrik bakal mengikuti pindahnya tren industri.

”Kalau tren industri juga pindah, saya rasa juga akan diikuti pergeseran buruh. Selama ini perantau buruh pabrik cukup mendominasi, selain pedagang dan tukang bangunan,”

Ketua Paguyuban Keluarga Wonogiri Sukses (Keris) Eddy Prayitno justru memperkirakan tren merantau ke Jakarta tidak akan berubah. Jakarta tetap menjadi ikon dan tujuan bagi para kaum urban karena banyaknya lapangan pekerjaan.

”Urbanisasi masih Jakarta tujuan utamanya. Julukan ibu kota enggak ada pengaruhnya. Jakarta tetap ikon buat para kaum urban,”

Jarak Wonogiri ke Kalimantan yang cukup jauh juga bakal menjadi pertimbangan para perantau. Apalagi, saat ini jalan darat dari dan menuju Jakarta sudah bisa ditempuh relatif singkat dengan tol.

”Jarak juga pengaruh. Kalau di Jakarta kan setiap saat bisa mudik. Tol sudah tersambung, waktu tempuh relatif lebih singkat. Kalau Kalimantan, masih jauh. Pakai kapal atau pesawat,”

Namun demikian, lanjut dia, prediksi tersebut berlaku minimal hingga 10 tahun mendatang. Setelah 10 tahun, tentu trennya akan berubah.

source :

https://radarsolo.jawapos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here