Kukar.id – Satuan Tugas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan ciri karakteristik investasi bodong dan tips bagi masyarakat untuk terhindar dari praktik ilegal tersebut. Ketua Satgas Waspada Investasi OJK Tongam Tobing mengatakan, dalam 10 tahun terakhir, Investasi bodong telah menyebabkan kerugian kepada masyarakat triliunan rupiah, Tingginya angka kerugian disebabkan masih mudahnya masyarakat terjaring praktik investasi ilegal.

Marak Penawaran Investasi

Penawaran investasi ilegal semakin mengkhawatirkan, karena para pelaku memanfaatkan kurang pahamnya masyarakag terhadap investasi dengan menawarkan imbal hasil atau keuntungan yang tidak wajar. Para pelaku menawarkan investasi tersebut karena ingin mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari masyarakat. Dalam dunia Digital /Online jaman sekarang ini Investasi online kini mulai digemari banyak orang. Namun Anda harus berhati hati oleh berbagai modus penipuan investasi online, jangan sampai Anda merugi jutaan sampai ratusan juta rupiah karena investasi online bodong.
Dengan mudahnya berinteraksi bahkan melakukan transaksi di era digital ini bukan hanya membawa kemudahan tapi dapat membawa masalah baru jika Anda tidak teliti. Banyak sekali modus penipuan investasi online bodong yang perlu Anda waspadai. Investasi online sendiri muncul karena adanya kemudahan dari era digital serta penggunaan internet. berikut adalah 5 penyebab mengapa investasi online bodong masih marak di Indonesia.

Banyak Masyarakat yang Tergiur oleh Iming-Iming Keuntungan Besar 

Investasi memang cukup menjanjikan karena menawarkan perolehan keuntungan ditambah modal yang Anda berikan kembali pada Anda. Siapa pula yang tak tergiur untuk ikut investasi? Namun pada dasarnya investasi tidaklah menghasilkan penghasilan yang instan apalagi dengan keuntungan yang sangat tinggi. Jika Anda ditawari investasi dengan keuntungan yang sangat besar Anda perlu waspada bahwa itu adalah penipuan. Modus investasi abal abal adalah dengan menjanjikan keuntungan uang sangat besar serta menjanjikan semua hal yang manis, tanpa memberi tahu resiko dari investasi. Kebanyakan orang tergiur dengan bujuk rayu keuntungan besar seperti itu, sehingga tidak terpikirkan lagi bahwa investasi tersebut adalah abal abal alias investasi bodong. Maraknya investasi abal abal di indonesia disebabkan karena masyarakat masih mudah tergiur dengan keuntungan besar

Memanfaatkan Ketidaktahuan Masyarakat

Sasaran dari modus penipuan berkedok investasi secara online adalah dengan menyasar orang orang yang masih awal tentang apa itu investasi. Ketidaktahuan masyarakat tersebut dimanfaatkan oleh oknum investasi abal abal untuk mengeruk uang korbannya. Sehingga mudah untuk di tipu. Anda harus mengetahui jenis investasi yang akan Anda ikuti. Cari tahu bagaimana sistem tersebut, jangan hanya mencari tahu keuntungannya tapi Anda juga harus tahu resikonya hal itu dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda. Dengan ketidaktahuan masyarakat tentang investasi melalui platform online maka para oknum penipu investasi online dapat mengendalikan Anda, Anda juga menaruh kepercayaan yang besar pada oknum tersebut, percaya akan semua yang dikatakan dan dijanjikan hal itu terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang investasi Anda.

Memanfaatkan Ketidaktelitian Calon Korban

Dalam sebuah bisnis investasi online yang perlu Anda butuhkan adalah ketelitian, hal ini perlu Anda lakukan untuk melihat apakah perusahaan fintech tersebut terdaftar di OJK Atau tidak. Misalnya membuat perusahaan fiktif juga menjadi cara bagi para oknum penipuan investasi online untuk melakukan penipuan investasi, jadi Anda harus teliti dan jangan malas untuk mengecek perusahaan fintech tersebut apakah terdaftar di OJK atau tidak. Jangan sekali kali berinvestasi pada perusahaan yang tidak memiliki izin. Dengan mudahnya membuat perusahaan fiktif dan memanfaatkan ketidak telitian Anda penipu online dapat mengeruk dana investasi Anda dan Anda tentu tidak akan memperoleh keuntungan apapun. Jangan sampai karena perusahaan tersebut memberi iming-iming keuntungan yang besar lantas Anda menjadi tidak teliti untuk memeriksa izin perusahaan tersebut. Anda juga dapat mencari berbagai informasi tentang perusahaan yang akan menjadi tempat investasi Anda, pastikan bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki masalah. Sehingga Anda tidak akan terjebak pada penipuan investasi online sekaligus Anda dapat berinvestasi secara aman

Banyaknya Masyarakat yang Tidak Peduli dengan Pengelolaan Dana 

Tak jarang pelaku investasi atau investor tidak peduli dengan pengelolaan dana investasi yang mereka berikan. Investor hanya memperdulikan keuntungan dan modal kembali. Padahal penting untuk mengetahui cara pengelolaan dana Anda. Ketidak pedulian tersebut menjadi salah satu hal yang dapat dimanfaatkan oleh para oknum penipu investasi online. Semakin Anda tidak ingin mengetahui pengelolaan dana tersebut semakin mudah oknum penipu investasi online membodohi Anda. Pastikan bahwa mereka harus transparan sejak awal, ke mana dana Anda pergi jika perusahaan tempat Anda berinvestasi tidak mau transparan dan mulai menghindari pembicaraan tentang pengelolaan dana yang Anda pakai Anda perlu curiga bahwa perusahaan tersebut menawarkan investasi bohong.

Mudahnya Mencatut Nama Perusahaan Besar

Banyak para penipu investasi online melakukan penipuan dengan cara mencatut nama perusahaan besar, seolah mereka memang mewakili perusahaan tersebut, seringkali banyak orang tertipu karena setelah menelusuri nama perusahaan yang dicantumkan merupakan perusahaan nyata atau bukan fiktif dan tentu Anda bisa menelusuri reputasi perusahaan tersebut. Penipuan online seperti ini banyak mengecohkan para investor karena nama yang digunakan untuk menipu kebanyakan adalah perusahaan besar dengan reputasi yang baik dan menjanjikan untuk Anda melakukan investasi. Namun Anda perlu curiga jika mereka menjanjikan hal hal yang tinggi seolah investasi tanpa resiko. Sebaik apapun perusahaan tempat Anda berinvestasi tidak mungkin bisa bebas dari kemungkinan adanya resiko, karena resiko tersebut bukan hanya disebabkan oleh permasalahan internal namun juga eksternal seperti dampak dari kebijakan pemerintah, naik turunnya rupiah terhadap dolar juga dapat memberikan pengaruh baik itu berdampak positif maupun negatif. Maraknya penipuan investasi online yang masih marak memang sulit untuk dikendalikan, karena modus yang dipakai sangatlah bervariasi, penipuan online seperti investasi pun lebih banyak terjadi karena kemudahan dari penggunaan internet. Seorang penipu dapat dengan mudah berpura-pura seolah mereka menawarkan keuntungan dari investasi di perusahaan mereka yang sebenarnya fiktif hanya bermodalkan internet. Dengan jangkauan internet yang luas memudahkan praktik penipuan seperti investasi online lebih banyak ditemukan. Pencegahan agar tidak menjadi korban atas penipuan tersebut adalah dengan menjadikan diri Anda lebih teliti dalam menginvestasikan dana yang Anda miliki, pelajari setiap jenis usaha yang Anda lakukan termasuk investasi online semakin Anda mengetahui bidang Anda meraih keuntungan semakin sulit Anda untuk terjebak pada penipuan. jika penipu memanfaatkan internet undak dapat melancarkan aksi penipuannya Anda harus memanfaatkan internet untuk lebih mengetahui tentang perusahaan tempat Anda berinvestasi, Anda dapat memperoleh informasi dengan mudah dengan adanya internet. Penipuan investasi online sendiri memang menjadi penipuan yang sulit untuk di branta maka Anda perlu ekstra hati-hati jika Anda memilih investasi online. Pengetahuan yang benar mengenai investasi merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh semua orang. Setelah diketahui berbagai jenis penipuan berkedok investasi mungkin saja nantinya akan bermunculan lagi jenis penipuan baru. Oleh karenanya, bersikaplah kritis dan lakukan observasi yang cukup untuk agar tidak terjebak investasi bodong. Semoga Bermanfaat… ::Fayi Baca Juga : Digital Marketing Lengkap untuk Pemula  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here