Bisa Langsung Cair Rp 2,4 Juta, Syarat dan Cara Daftar BPUM atau BLT UMKM Apa Saja?

0
88

Program Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM paling dinanti-nanti para pelaku usaha.

Adanya program BLT UMKM di tengah pandemi virus corona tersebut, diyakini meringankan para pelaku usaha.

Diketahui, nominal bantuan presiden (Banpres) untuk para UMKM tersebut sebesar Rp 2,4 juta.

Saat ini Pemerintah memperpanjang program Bantuan Presiden Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta.

Ditahap pertama, BPUM telah menyalurkan 9 juta UMKM, yang artinya pada tahap pertama dan kedua ada sekitar 12 jutaan UMKM telah menerima.

Pendaftaran dibuka tanggal 13 Oktober 2020 dan akan ditutup pada akhir November 2020 mendatang. Target penerima bantuan tersebut adalah pelaku UKM yang terdampak Covid-19.

“Ditutup akhir November 2020,” jujar Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman.

Berikut satu ciri mendapatkan BPUM ini yaitu mendapat sms notifikasi dari Bank BRI yang berbunyi:

Nsbh Yth. Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan silakan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa eKTP.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan ini, dilansir Berita DIY dari laman FAQ Kementerian Koperasi dan UMKM, adalah :

  • WNI
  • Mempunyai Nomir Induk Kependudukan (NIK)
  • Mememiliki usaha mikro
  • Bukan ASN, TNI/Polri serta Pegawai BUMN/BUMD
  • Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
  • Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Surat Keterangan Usaha bisa didapatkan dari desa tempatnya membuka usaha. Surat tersebut harus diberikan atau dilampirkan saat mendaftar.

Pelaku UMKM juga masih bisa mendaftarkan atau mengajukan diri meskipun alamat tempat usahanya berbeda dengan alamat di KTP dengan syarat menyertakan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Selain itu, beberapa data yang harus diisi dan disiapkan oleh calon penerima diantaranya:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nama lengkap
  • Alamat tempat tinggal sesuai KTP
  • Bidang usaha
  • Nomor telepon

Pelaku UMKM yang ingin dapat bantuan ini bisa datang ke beberapa lembaga pengusul yang ditunjuk pemerintah, diantaranya:

  • Dinas yang yang membidangi Koperasi dan UKM
  • Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
  • Kementerian/Lembaga
  • Perbankan dan perusahaan pembayaran yang terdaftar di OJK.
  • Pelaku UMKM yang telah mengajukan BLT UMKM Rp 2,4 juta dan dinyatakan lolos akan mendapatkan pemberitahuan melalui pesan singkat SMS dari bank penyalur (BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri).

Setelah menerima pesan, penerima BLT UMKM diminta melakukan verifikasi ke bank penyalur Setelah dilakukan verifikasi, proses pencairan pun bisa dilakukan.***

Sumber: Kemenkop UKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here