6 Stadion Tuan Rumah Untuk Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

0
32

Kukar.id – Indonesia akan menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia U-20 2021 tahun depan. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memastikan daftar 6 stadion yang akan digunakan untuk menghelat FIFA World Cup U20 yang bakal berlangsung pada 24 Mei hingga 12 Juni 2021 mendatang, yang awalnya hanya 4 disetujui FIFA.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, dalam risalah rapat Piala Dunia FIFA U-20 2021, memaparkan enam stadion yang berlokasi di enam kota berbeda untuk menghelat pertandingan demi pertandingan yang akan tersaji dalam putaran final tahun depan, yakni di Jakarta, Bogor, Solo, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

“Keenam stadion itu adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, Stadion Pakansari di Bogor, Stadion Manahan di Solo, Stadion Mandala Krida di Yogyakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya dan Stadion Kapten I Wayan Dipta di Bali,” jelas Gatot S. Dewa Broto dikutip dari Antara, Kamis (23/1/2021).

Sebenarnya tak hanya 6 stadion itu saja yang bakal dilibatkan dalam putaran final Piala Dunia U-20 2021, pemerintah RI dan PSSI juga harus menyiapkan beberapa stadion lainnya sebagai pendukung.

Selain itu, FIFA memberikan syarat pula bahwa harus tersedia 30 lapangan untuk latihan tim-tim peserta. Setiap stadion utama harus ada setidaknya lima lapangan pendukung latihan di sekitarnya.

Untuk Setiap stadion utama dan stadion pendukung harus tersedia ruangan untuk video asisten wasit (VAR). Setiap tim peserta diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan hal itu. FIFA akan menyediakan semua peralatan VAR.

Perwakilan FIFA akan datang ke Indonesia pada Maret 2020 untuk melakukan inspeksi awal terhadap infrastruktur dan kelengkapan stadion serta persiapan lainnya. Sedangkan drawing peserta Piala Dunia U-20 2021 akan digelar di Bali pada Januari 2021.

Untuk jumlah penonton di stadion, FIFA juga punya ketentuan khusus. Syaratnya adalah setiap pertandingan, termasuk fase penyisihan grup, harus disaksikan langsung oleh 10-20 ribu orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here